In House Seminar Motivasi, Ippho Santosa, In House Training Karyawan, Pembicara Seminar Motivasi

Pembicara Seminar Motivasi Ippho Santosa Ingatkan Soal Kesombongan

Sudah menjadi tugas saya, sebagai pembicara seminar motivasi, untuk mengingatkan.

Keberhasilan demi keberhasilan kerap memancing kebanggaan yang tidak pada tempatnya, yang acap kali disebut dengan kesombongan. Lantas saya teringat akan sebuah kisah dari guru saya. 

Dahulu kala, ternyata iblis diperkenankan Allah untuk menghuni surga. Sayangnya, manakala dipertemukan dengan manusia pertama –Adam– iblis malah bersikap tinggi hati. Allah pun murka padanya. 

pembicara-seminar-motivasi-ippho-santosa-pembicara-UKM

Tanpa tedeng aling-aling, ia langsung dihalau dari surga. Ungkap guru saya, itulah kesombongan pertama dalam sejarah!

Bagaimana dengan saya? Sesekali saya pun khilaf. Syukurlah, saya dikaruniai keluarga dan teman-teman yang peduli. Mereka tidak segan-segan untuk menegur saya dan mendoakan saya. 

Begitu pula kritik dari pembaca buku dan peserta seminar. Selanjutnya, saya berubah dan berbenah. Improvement sebisa-bisanya, walaupun masih minus di sana-sini. 

Sekurang-kurangnya ada satu alasan mengapa kesombongan kudu dijauhi dalam berkarier dan berbisnis (termasuk UKM). Yaitu, kesombongan dapat memangkas self-esteem. Mari kita introspeksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar