In House Seminar Motivasi, Ippho Santosa, In House Training Karyawan, Pembicara Seminar Motivasi

Pembicara Seminar Motivasi Ippho Santosa Serukan Evaluasi

Sebagai pembicara seminar motivasi, saya sering mengajak semua peserta untuk introspeksi. Termasuk diri saya sendiri. Salah satu kebiasaan efektif menurut Stephen Covey adalah ‘mengasah gergaji’ (sharpen the saw) termasuklah di dalamnya, introspeksi diri dan evaluasi diri. 

Sekadar mengingatkan, Stephen Covey adalah salah satu motivator dunia yang sangat disegani dan berpengaruh. Ketika berseminar di Indonesia, Presiden RI pun duduk sebagai peserta. Mendengarkan. Dan dosen saya dulu mewajibkan saya untuk membaca bukunya, 7 Habits.

pembicara-seminar-motivasi-ippho-santosa-pembicara-seminar-MEA-UKM

Begini. Sesibuk apapun kita menggergaji, tetap saja kita harus berhenti sejenak untuk mengasah gergaji. Yang seperti ini, agama menyebutnya muhasabah. Istilah populernya, introspeksi. Dalam organisasi, ini sering diabaikan.    

Introspeksi, ini pula yang terjadi ketika berhaji. Ngomong-ngomong, apa itu haji? Dijelaskan oleh Nabi Muhammad, haji adalah Arafah. Boleh dibilang, untuk berhaji kita mesti berada di Arafah. Ngapain? Cuma satu, wukuf. Secara kata, Arafah itu mengenal diri dan wukuf itu berdiam diri. Muhasabah. Introspeksi. 

pembicara-seminar-motivasi-ippho-santosa-pembicara-seminar-MEA-UKM

Sedemikian hebatnya introspeksi, sampai-sampai menjadi inti dari berhaji. Sekali lagi, inti. Sungguh, introspeksi bukanlah buang-buang waktu. Justru di tengah kesibukan, kita mesti berhenti sejenak untuk introspeksi diri dan evaluasi diri. Istilahnya, evaluasi di tengah eksekusi. 

Orang-orang strategic management pun tahu, segala sesuatu hanya bisa ditingkatkan kalau pernah dievaluasi. Kalau nggak pernah dievaluasi, yah apa yang mau ditingkatkan? Istilahnya, Introspection for Improvement.

Sekiranya Anda setuju, tulisan ini boleh di-share. 






pembicara seminar motivasi, pembicara seminar MEA, pembicara UKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar