In House Seminar Motivasi, Ippho Santosa, In House Training Karyawan, Pembicara Seminar Motivasi

In House Seminar 'Kerja Itu Ibadah' Bersama Ippho Santosa

In House Seminar 'Kerja Itu Ibadah' Bersama Ippho Santosa



Di in-house seminar saya sering bertanya, "Enakan ngantor apa libur? Enakan gawe apa nyante?" Serta-merta mereka menjawab, "Libuuuuur." Namun ketika ditanya benar-benar, akhirnya mereka mengakui ternyata bekerja itu lebih nikmat. 

Ngomong-ngomong, berapa kali Anda ke rumah ibadah dalam seminggu? Berapa lama Anda berdoa atau sholat dalam sehari? Hitung-hitung, tak sampai 5 jam dalam seminggu. Setidaknya, inilah yang terjadi pada orang rata-rata. Dengan kata lain, dalam seminggu (168 jam) kita beribadah hanya 5 jam saja.

Terus, apa yang kita lakukan 8 jam dalam sehari? Lazimnya, dua hal. Pertama, bekerja (mencari nafkah). Kedua, tidur. Nah, memahami ini, akan jauh lebih baik jika kerja kita yang 8 jam dalam sehari atau 48 jam dalam seminggu itu bernilai ibadah. Apalagi kalau tidur juga bernilai ibadah.

in-house-seminar-kerja-itu-ibadah-in-house-seminar-motivasi-in-house-seminar-sdm

Ya, kerja itu ibadah. Sebagai motivator, pernyataan ini sering saya sampaikan ketika mengisi in house seminar atau in house training. Akan tetapi, tentu saja tidak semua kerja bernilai ibadah. Bukan mustahil, seseorang sibuk-sibuk bekerja, namun ternyata nilai ibadahnya sudah memuai dan menguap semua. Kok bisa?

in-house-seminar-kerja-itu-ibadah-in-house-seminar-motivasi-in-house-seminar-sdm

Contohnya saja:
-      Ia curi-curi waktu di kantor. Atau, badannya di kantor, tapi hati dan pikirannya di luar kantor. Ia menjelek-jelekkan atasan dan rekan sekantor. Bahkan sering bergunjing tentang kantor.
-      Ia tidak peduli dengan masalah-masalah kantor yang tidak berhubungan langsung dengan dirinya. Dengan alasan beda divisi dan beda KPI, ia enggan menolong rekan sekantor. Ia mementingkan office politic daripada office performance. Ia menjalankan ‘politik kotor’ di kantor.
-      Masuknya nyuap, datangnya telat, pulangnya cepat, ngeluhnya tiap saat, kerjanya nyendat-nyendat, dan malasnya berlipat-lipat. Hm, masih ngaku kerja itu ibadah? Hehehe, kalau Anda tidak melakukannya, yah Anda tidak perlu tersinggung.

in-house-seminar-kerja-itu-ibadah-in-house-seminar-motivasi-in-house-seminar-sdm

Ingatlah, kerja hanya akan bernilai ibadah jika kita iringi dengan niat yang benar, sikap yang benar, dan cara yang benar. Bukan sekadar kerja. Demikian pula teman-teman yang masih belajar atau yang sudah berbisnis. Hendaknya semua kesibukan kita bernilai ibadah. Tiada yang sia-sia. Aamiin.





Ditulis oleh Ippho Santosa. Selanjutnya, untuk mengundangnya sebagai motivator dalam seminar motivasi kerja, seminar motivasi karyawan, dan seminar motivasi diri, silakan SMS 0812-704-9090. 

12 komentar:

  1. Siiiip, yuk semangat jdikan amal kuta syarat ibadah

    BalasHapus
  2. Semangat perubahan!!!
    Semuanya kita niatkn untuk tujuan apa kita diciptakan amiin

    BalasHapus
  3. Amin.... semoga saya bisa seperti itu.... Mohon doanya.

    BalasHapus
  4. Aamiin....barakallah ikhwah ...

    BalasHapus
  5. "Jika bekerja adalah ibadah, maka menjadi yang terbaik adalah dakwah."

    Mr Joss, Wakil Rektor Umar Usman
    Kuliah 1 Tahun Jadi Pengusaha
    Pin 7CB1C1DB

    BalasHapus
  6. kalau udah terlanjur nyuap kerja gimana pak supaya bisa jadi ibadah

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas komen-komen hebatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin kami tambah semangat dalam menulis

      Hapus